Tujuan dari Program Pengabdian masyarakat ini adalah untuk Meningkatkan Minat dan Kemampuan Siswa SD Negeri 80 Desa Guru Agung, dengan beberapa Strategi Pembelajaran Matematika Kreatif, diantaranya menggunakan strategi (1) Pendekatan Kontekstual yaitu Aplikasi Dunia Nyata: mengaitkan materi matematika dengan situasi sehari-hari, seperti berbelanja, memasak, atau merencanakan perjalanan. (2) Permainan edukatif ; Problem Solving: mengajarkan siswa untuk menyelesaikan masalah dengan cara yang kreatif, mendorong mereka untuk berpikir kritis dan mencoba berbagai pendekatan. (3) Aktvitas interaktif ; Games Matematis: menggunakan permainan papan, kartu, atau aplikasi digital yang berfokus pada matematika untuk membuat pembelajaran menjadi menyenangkan. .Dari hasil strategi yang digunakan tersebut pembelajaran kreatif meningkatkan efektivitas minat belajar matematika pada siswa kelas 4 SD Negeri 80 Desa Guru Agung, yang dapat melatih pola pikir, dengan terlatihnya pola pikir maka siswa memiliki kemampuan untuk menyelesaikan suatu masalah serta melatih aktifitas mental untuk memahami arti dari hubungan dan simbol-simbol yang terkandung dalam matematika secara sistematik, cermat dan tepat, kemudian menerapkan konsep-konsep yang dihasilkan untuk memecahkan masalah dalam berbagai hal/ keadaan/situasi nyata.
Copyrights © 2025