Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kualitas proses penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis etnosains untuk eksplorasi pemahaman konsep dan meningkatkan prestasi belajar siswa, 2) pemahaman konsep siswa dengan menggunakan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing, 3) peningkatan prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah observasi, tes pilihan ganda dan essay. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMP swasta di kota Malang pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP. Teknik pengambilan data menggunakan tes pemahaman konsep dan prestasi belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis Etnosains ini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, pemahaman konsep dan prestasi belajar siswa.
Copyrights © 2025