Abstrak: Menulis puisi merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang diajarkan di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) di Sumatera Utara dalam rangka mengembangkan kreativitas dan ekspresi siswa. Namun, dalam praktiknya, siswa masih menghadapi berbagai tantangan dalam menulis puisi, baik dari segi pemahaman unsur-unsur puisi, eksplorasi imajinasi, maupun teknik penulisan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan siswa dalam menulis puisi dengan meninjau faktor-faktor seperti minat, pemahaman teori, ketersediaan bahan ajar, serta peran guru dan lingkungan belajar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri atas siswa SMA di Sumatera Utara yang dipilih secara purposive, sedangkan objek penelitian adalah kebutuhan dan tantangan dalam menulis puisi. Data dikumpulkan melalui angket guru, angket siswa, dan dokumentasi tugas-tugas siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki minat yang rendah dalam menulis puisi karena kurangnya pemahaman terhadap teori dan teknik menulis puisi. Temuan ini menunjukkan perlunya pengembangan bahan ajar yang lebih inovatif serta penerapan strategi pembelajaran yang lebih baik. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi, pelatihan menulis kreatif yang lebih interaktif, serta peningkatan peran guru dalam membimbing siswa secara lebih aktif dalam menulis puisi.
Copyrights © 2025