International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM)
Vol 7 No 2 (2025)

Efforts to Enhance Quran Memorization Skills through the Repetition-Based Method in Students of MTs Al-Munawwarah Binjai Utara

Azzahra, Divia Raihana (Unknown)
Juliani, Juliani (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an pada siswa MTs Al- Munawwarah Binjai Utara melalui penerapan metode hafalan berbasis Repetisi. Metode ini berfokus pada pengulangan ayat secara sistematis untuk memperkuat daya ingat dan konsistensi hafalan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari beberapa siklus, mencakup tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan tes hafalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Repetisi secara signifikan meningkatkan jumlah dan kualitas hafalan siswa, serta meningkatkan motivasi mereka dalam menghafal Al-Qur’an. Dengan strategi pengulangan yang sistematis, siswa lebih mudah mempertahankan hafalannya dalam jangka panjang. Oleh karena itu, metode ini direkomendasikan sebagai strategi efektif dalam pembelajaran Tahfidz di lingkungan madrasah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

IJIERM

Publisher

Subject

Religion Aerospace Engineering Arts Humanities Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education Other

Description

The International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM) was formed in 2019 with number SK: 0005.26563630 / JI.3.1 / SK.ISSN / 2019.03. P-ISSN:2656-3630 now for E-ISSN:2722-7049 in management. IJIERM is a Journal relating to Education, Research, Islamic Education, ...