Kesulitan dalam mengajarkan mata pelajaran robotika/automaton disebabkan karena tidak adanya peralatan sebagai sarana praktek yang disusun dengan sistematis menjadi sebab diadakannya penelitian ini. Sehingga tujuanĀ penelitian ini adalah untuk mengembangkan purwarupa robot line follower sederhana berbasis Arduino Nano sebagai sarana untuk memperkenalkan robotika/automaton melalui teknik pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan kemampuan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) pada siswa sekolah menengah. Penelitian ini dilakukan dalam beberapa tahap, yaitu: studi literatur, perancangan, pengembangan, uji coba, dan evaluasi. Robot line follower ini dirancang untuk dapat dibangun dengan mudah oleh siswa dan memiliki fitur-fitur sederhana yang dapat diprogram menggunakan Arduino IDE. Robot akan dilengkapi dengan sensor dan aktuator. Juga menggunakan komponen yang banyak tersedia di pasaran, sehingga biayanya akan lebih murah dan dapat diadopsi oleh siswa dan sekolah di berbagai daerah. Hasil dari penelitian berupa purwarupa robot line follower yang berbiaya murah dan memiliki komponen yang mudah ditemukan, namun memiliki fitur yang mampu merangsang siswa dalam mengembangkan kemampuan motorik, pedagogik, dan computational thinking. Siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis proyek dengan menggunakan purwarupa robot line follower ini mampu meningkatkan keterampilan STEM dan memiliki motivasi belajar yang lebih tinggi. Oleh karena itu, penelitian ini dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan pendidikan STEM di Indonesia.
Copyrights © 2025