(JIMBE)
Vol 2 No 5 (2025)

Pengaruh Produk, Promosi dan Proses Terhadap Keputusan Pembelian Kartu XL Prabayar Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang

Oktariansyah, Muhammad Hafiz (Unknown)
Asiati, Diah Isnaini (Unknown)
Puspasari, Mardiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk, promosi dan proses terhadap keputusan pembelian kartu XL Prabayar pada Mahasiswa Universitas Muhamadiyah Palembang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu asosiatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu produk, promosi dan proses. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa yang pernah menggunakan kartu XL Prabayar di Universitas Muhammadiyah Palembang. Jumlah sampel yang dipergunakan adalah 100 orang dengan teknik purposive sampling. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner data sekundernya berupa dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa secara bersama-sama Produk, Promosi, dan Proses berpengaruh signifikan terhadap Keputusan kartu XL Prabayar di Universitas Muhammadiyah Palembang. Sedangkan secara parsial Produk, Promosi dan Proses berpengaruh signifikan terhadap Keputusan pembelian kartu XL Prabayar di Universitas Muhammadiyah Palembang Hasil koefisien determinasi menunjukkan nilai Adjusted R Square 84,2 % artinya keputusan pembelian mampu dijelaskan oleh variabel produk, promosi dan proses sebesar 84,2%. Dan sisanya 15,8% oleh variabel lain dalam penelitian ini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIMBE

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmu Manajemen, Bisnis dan Ekonomi (JIMBE) adalah jurnal yang ditujukan untuk mempublikasikan hasil penelitian Manajemen seperti Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Manajemen SDM, Manajemen Operasi/Produksi, Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan sebagai pengembangan pengetahuan serta ...