Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha
Vol. 15 No. 1 (2025)

PRAANGGAPAN DAN ENTAILMENT DALAM PODCAST YOUTUBE NAJWA SHIHAB BERSAMA “PRABOWO SUBIANTO BICARA GAGASAN” (KAJIAN PRAGMATIK): PRESUMPTION AND ENTAILMENT IN NAJWA SHIHAB'S YOUTUBE PODCAST WITH "PRABOWO SUBIANTO TALKING ABOUT IDEAS" (PRAGMATIC STUDY)

Nasrul, Nasrul (Unknown)
Alwi, Abdul Kifli (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis-jenis praanggapan dan entailmen dalam podcast youtube Najwa Shihab episode "Prabowo Subianto Bicara Gagasan". Metode dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak dengan teknik simak bebas libat cakap (SBLC). Selanjutnya, peneliti menggunakan teknik lanjutan yaitu teknik catat. Metode dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode agih dengan teknik dasar bagi unsur langsung (BUL). Penyajian hasil analisis data menggunakan dua teknik yaitu teknik formal dan teknik informal. Penelitian ini menggunakan teori praanggapan George Yule (2018) dan berfokus pada enam jenis praanggapan: eksistensial, faktif, leksikal, struktural, nonfaktif, konterfaktual dan entailmen. Data diperoleh melalui transkripsi dialog dari video berdurasi 1 jam 24 menit 21 detik yang diunggah pada 21 September 2023 dengan judul video "Prabowo Subianto Bicara Gagasan". Hasil analisis menunjukkan 50 data yang terdiri atas 5 praanggapan eksistensial, 5 praanggapan faktif, 5 praanggapan leksikal, 4 praanggapan struktural, 3 praanggapan nonfaktif, 3 praanggapan konterfaktual, dan 5 entailmen. Temuan ini menunjukkan bagaimana praanggapan dan entailmen digunakan untuk menyampaikan ide dan pesan politik dalam konteks dialog media sosial. Secara praktis, penelitian ini memberikan wawasan bagi masyarakat untuk lebih cerdas dalam menganalisis pesan politik di tengah meningkatnya informasi palsu.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JJPBS

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesia Language ...