Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemanfaatan media pembelajaran digital berbasis Figma dan Liveworksheets dalam pembelajaran menulis surat yang berorientasi pada Kurikulum Merdeka di kelas VIIA SMP Negeri 3 Singaraja. Fokus penelitian ini mencakup pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar siswa, serta kendala yang dihadapi guru dalam menggunakan media. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan Figma dan Liveworksheets dalam pembelajaran menulis surat dapat meningkatkan keterlibatan siswa serta memudahkan siswa dalam memahami struktur dan isi surat. Siswa menunjukkan peningkatan dalam keterampilan menulis, terutama dalam aspek kreativitas dan kepatuhan pada kaidah kebahasaan. Kendala yang dihadapi dalam penerapan media ini meliputi keterbatasan infrastruktur teknologi serta tingkat keterampilan digital siswa dan guru. Secara keseluruhan, penelitian ini menegaskan bahwa pemanfaatan Figma dan Liveworksheets dapat menjadi solusi inovatif dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran menulis teks surat di tingkat SMP.
Copyrights © 2025