Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) sering kali belum menyentuh aspek afektif dan sosial siswa dalam menghadapi realitas keberagaman, khususnya di lingkungan multikultural seperti Denpasar, Bali. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain, melaksanakan, dan memformulasikan model pembelajaran PAI berbasis deep learning dalam membangun karakter pluralistik di MTs Al Ma’ruf Denpasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan mindful learning, meaningful learning, dan joyful learning yang diintegrasikan secara sistematis mampu menumbuhkan kesadaran beragama yang inklusif, sikap toleran, dan empati antarsiswa. Model pembelajaran yang dihasilkan Model Integratif-Reflektif Deep Learning menawarkan sintesis antara nilai-nilai keislaman dan realitas sosial siswa dalam konteks madrasah. Temuan ini memperkaya literatur pedagogi Islam kontemporer dan memberikan implikasi praktis bagi guru, pengembang kurikulum, serta pengambil kebijakan dalam merancang pendidikan agama yang transformatif dan adaptif terhadap tantangan pluralisme.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025