Widya Balina :Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ekonomi
Vol. 10 No. 1 (2025): Jurnal Widya Balina

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS DEEP LEARNING DALAM MEMBANGUN KARAKTER PLURALISTIK SISWA MTS AL MA’RUF DENPASAR, BALI

Umroh, Umroh (Unknown)
Arjiman, Arjiman (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2025

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) sering kali belum menyentuh aspek afektif dan sosial siswa dalam menghadapi realitas keberagaman, khususnya di lingkungan multikultural seperti Denpasar, Bali. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain, melaksanakan, dan memformulasikan model pembelajaran PAI berbasis deep learning dalam membangun karakter pluralistik di MTs Al Ma’ruf Denpasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan mindful learning, meaningful learning, dan joyful learning yang diintegrasikan secara sistematis mampu menumbuhkan kesadaran beragama yang inklusif, sikap toleran, dan empati antarsiswa. Model pembelajaran yang dihasilkan Model Integratif-Reflektif Deep Learning menawarkan sintesis antara nilai-nilai keislaman dan realitas sosial siswa dalam konteks madrasah. Temuan ini memperkaya literatur pedagogi Islam kontemporer dan memberikan implikasi praktis bagi guru, pengembang kurikulum, serta pengambil kebijakan dalam merancang pendidikan agama yang transformatif dan adaptif terhadap tantangan pluralisme.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

wb

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

The contents of the journal cover the scientific fields of Education and Economics including: Economic Education (Accounting, Office Administration and Marketing) Monetary Economy Public Economy Industrial Economy International Economy Human Resource Economics Natural Resource Economics ...