Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui bagaimana pembinaan kecerdasan intrapersonal dalam membentuk kemandirian anak usia dini. 2) mengetahui proses pembinaan kecerdasan intrapersonal dalam membentuk kemandirian anak usia dini. 3) mengetahui adanya pengaruh positif yang muncul setelah dilakukan pembinaan kecerdasan intrapersonal pada kemandirian anak usia dini. 4) mengetahui adanya faktor pendukung dalam kecerdasan intrapersonal pada anak usia dini. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan library research atau kajian Pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan pembinaan kecerdasan intrapersonal dalam membentuk kemandirian anak usia dini membawa pengaruh positif, proses pembinaan kecerdasan intrapersonal dalam membentuk kemandirian anak usia dini menggunakan metode belajar melalui bermain dengan menerapkan praktek langsung sesuai dengan kegiatan dalam kehidupan sehari-hari hasilnya sangat memuaskan, adanya pengaruh positif yang muncul setelah dilakukan pembinaan kecerdasan intrapersonal pada kemandirian anak usia dini, adanya faktor pendukung dalam kecerdasan intrapersonal pada anak usia dini menjadi bekal dasar di keberlangsungan melanjutkan ke jenjang Pendidikan selanjutnya.
Copyrights © 2025