Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan
Vol. 5 No. 2 (2024): Mei 2025

Mengintegrasikan Quizizz untuk Memperoleh Pengalaman Belajar yang Menyenangkan: Pelatihan Bagi Guru Bahasa Inggris

Sujarwati, Iis (Unknown)
Sofyan, Dedi (Unknown)
Efendi, Marzon (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 May 2025

Abstract

Teknologi dan pembelajaran kini tidak dapat dipisahkan. Kemajuan teknologi yang pesat seharusnya diimbangi dengan peningkatan keterampilan guru untuk mengintegrasikannya ke dalam proses pembelajaran. Namun, analisis situasi di SMP Negeri 18 Bengkulu Tengah mengungkapkan bahwa guru masih perlu memanfaatkan teknologi secara penuh untuk menciptakan pengalaman belajar yang menarik, interaktif, dan mengasyikkan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk membantu para pendidik dalam mengatasi tantangan tersebut. Program ini melibatkan pelatihan dan lokakarya yang difokuskan pada penggunaan aplikasi Quizizz, menggunakan pendekatan penelitian partisipatif berbasis masyarakat, dan pembelajaran layanan. Evaluasi kegiatan dilakukan melalui penyebaran kuesioner dan diskusi kelompok terfokus (FGD). Hasil analisis data menunjukkan bahwa peserta sangat setuju bahwa kegiatan ini secara signifikan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam menggunakan aplikasi Quizizz untuk pembelajaran. Sebagai kesimpulan, pelatihan ini sangat meningkatkan kemampuan guru untuk mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran. Oleh karena itu, kegiatan serupa dapat dilakukan secara konsisten dengan materi yang lebih luas untuk mendukung transformasi pembelajaran berbasis teknologi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnalinovasi

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

JURNAL INOVASI PENGABDIAN MASYARAKAT PENDIDIKAN ADDITIONAL MENU EDITORIAL TEAM PEER REVIEWER PEER REVIEW PROCESS PUBLICATION ETHICS FOCUS AND SCOPE AUTHOR GUIDELINES OPEN ACESS POLICY COPYRIGHT NOTICE ONLINE SUBMISSION TEMPLATE Hasil gambar untuk template icon VISITORS StatCounter - Free Web Tracker ...