Jurnal Abdi Dharma Masyarakat
Vol. 6 No. 1 (2025): April 2025

MENANAMKAN NILAI-NILAI KEHIDUPAN BAGI SISWA SD NEGERI 11 DAUH PURI DENPASAR MELALUI PELATIHAN STORY TELLING

Pratiwi, Desak Putu Eka (Unknown)
Ayu Pujiastuti, Ni Komang (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Keterampilan storytelling (bercerita) merupakan salah satu aspek penting dalam pengembangan kemampuan literasi, komunikasi, dan pemahaman nilai-nilai kehidupan bagi siswa sekolah dasar. Artikel ini membahas pelaksanaan program pelatihan storytelling berbasis nilai kehidupan yang ditujukan kepada siswa SD Negeri 11 Dauh Puri, Denpasar, Bali. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyampaikan cerita dengan baik, sekaligus menanamkan nilai-nilai moral seperti kejujuran, tanggung jawab, dan kerja sama. Metode yang digunakan meliputi pengenalan teknik dasar storytelling, simulasi, dan praktik langsung di bawah bimbingan fasilitator. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan siswa dalam menyusun dan menyampaikan cerita yang bermakna, serta pemahaman mereka terhadap nilai-nilai kehidupan yang disampaikan melalui cerita. Program ini diharapkan dapat menjadi model pengembangan keterampilan dan karakter siswa di tingkat sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jadma

Publisher

Subject

Dentistry Economics, Econometrics & Finance Industrial & Manufacturing Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

JADMA yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) Universitas Mahasaraswati Denpasar merupakan media untuk mempublikasikan hasil-hasil kegiatan Pengabdian pada Masyarakat. Kehadiran jurnal ini diharapkan dapat menjadi sumber informasi bagi siapa saja, baik kalangan ...