INVENTION: Journal Research and Education Studies
Volume 6 Nomor 2 Juli 2025

Konsep Dasar Kurikum

Sitika, Achmad Junaedi (Unknown)
Ramadhani, Naura Zakia (Unknown)
Muflihah, Pipih (Unknown)
Annastasya, Sabrina (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2025

Abstract

Kurikulum merupakan dasar utama dalam proses pendidikan dan menjadi landasan penyelenggaraan pembelajaran di berbagai jenjang. Dalam Pendidikan Agama Islam (PAI), kurikulum tidak hanya menyajikan materi, tetapi juga membentuk karakter dan spiritualitas peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif dengan kajian pustaka untuk mengkaji konsep dasar kurikulum, fungsi, komponen, serta kaitannya dengan teori pendidikan. Hasil kajian menunjukkan bahwa kurikulum terdiri dari tujuan, materi, metode, media, proses pembelajaran, dan evaluasi yang harus terpadu agar kompetensi tercapai. Kurikulum PAI memiliki fungsi adaptasi, integrasi, diferensiasi, persiapan, seleksi, dan diagnostik yang mendukung perkembangan holistik peserta didik. Penyusunan kurikulum dipengaruhi oleh teori pendidikan seperti rekonstruksionisme, progresivisme, dan esensialisme. Pemahaman hubungan kurikulum dan teori pendidikan penting agar kurikulum tetap relevan dan adaptif terhadap perubahan zaman serta kebutuhan peserta didik, guna meningkatkan mutu pendidikan, khususnya di bidang Pendidikan Agama Islam.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jres

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal Invention invites lecturers, scholars, researchers, and students to contribute the results of their studies and research in fields related to Education, which include textual and field studies with various perspectives, Educational Management, Educational Policy, Educational Technology, ...