JOINTECOMS (Journal of Information Technology and Computer Science)
Vol. 3 No. 4 (2023): JOINTECOMS : Journal of Information Technology and Computer Science

Pengembangan Website Edukasi dan Deteksi Stress Dini pada Mahasiswa

Iqbal, Ahmad (Unknown)
Winoto, Depro (Unknown)
Priskila, Ressa (Unknown)
Widiatry, Widiatry (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Mahasiswa merupakan kelompok yang rentan mengalami stres akibat tuntutan akademis, tekanan sosial, dan perubahan gaya hidup. Deteksi dini terhadap stres diperlukan untuk mengidentifikasi gejala awal dan mencegah dampak buruk terhadap kesehatan mental. Laporan ini memaparkan pengembangan sebuah website berbasis teknologi modern yang bertujuan untuk memberikan edukasi sekaligus mendeteksi stres dini pada mahasiswa.Metode yang digunakan dalam pengembangan adalah Waterfall, meliputi analisis kebutuhan, perancangan sistem menggunakan Figma dan Draw.io, implementasi dengan Visual Studio Code, Node.js, serta Bootstrap, dan pengujian menggunakan metode Blackbox Testing. Untuk mengukur tingkat stres, digunakan metode Depression Anxiety Stress Scales (DASS-42). Website ini dirancang memiliki fitur utama seperti deteksi stres, edukasi kesehatan mental, serta komunitas interaktif yang memungkinkan pengguna berbagi cerita.Hasil pengembangan menunjukkan bahwa website ini dapat membantu mahasiswa mengenali tingkat stres dan menyediakan informasi untuk mengelola stres dengan lebih baik. Diharapkan, website ini dapat meningkatkan kesadaran mahasiswa terhadap pentingnya kesehatan mental dan menjadi langkah awal dalam pencegahan gangguan mental yang lebih serius.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jcoms

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

JOINTECOMS (Journal of Information Technology and Computer Science) is a journal managed and published by the Informatic Engineering, University of Palangka Raya, Indonesia. JOINTECOMS has a publishing period four times in a year, namely in March, June, September, and December. Focus and scope of ...