Media Riset Bisnis & Manajemen
Vol. 24 No. 1 (2024): April

ANALISIS PENGARUH DANA MURAH, BANK SIZE, CAPITAL DAN KEBIJAKAN MONETER SYARIAH TERHADAP PROFITABILITAS PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA

Lestari, Henny Setyo (Unknown)
Esya, Lavlimatria (Unknown)
Subri, Ahadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 May 2025

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dana murah, bank size, capital, dan kebijakan moneter syariah terhadap profitabilitas perbankan syariah di Indonesia. Desain/methodology/approach – Penelitian ini menggunakan variabel independen dana murah (Casa), bank size, capital dan kebijakan moneter syariah dan variabel dependen profitabilitas yang diukur dengan return on assets. Penelitian ini menggunakan data panel yaitu data bank PT. Bank Syariah Indonesia, Tbk dan PT. Bank Panin Dubai Syariah, Tbk selama periode tahun 2017-2021, yang diperoleh dari Biro Pusat Statistik (BPS), Bank Indonesi,a dan BEI. Data diolah menggunakan Eviews sebagai cara pengujian data stasioner dan kemudian pengujian hipotesis menggunakan Ordinary Lease Square (OLS). Temuan – Studi ini menemukan bahwa pada PT. Bank Syariah Indonesia, Tbk  bank size berpengaruh positif dan kebijakan moneter syariah berpengaruh negatif terhadap profitabilitas, sedangkan dana murah dan capital tidak berpengaruh terhadap profitabilitas. Pada PT. Bank Panin Dubai Syariah, Tbk  ditemukan bahwa capital berpengaruh positif terhadap profitabilitas. Casa, bank size dan kebijakan moneter syariah tidak berpengaruh terhadap profitabilitas Original/Nilai -  Temuan studi ini mengungkapkan bahwa terdapat variabel independen yang berkontribusi pada variabel dependen. Studi ini berkontribusi pada pengetahuan dalam berinvestasi baik jangka pendek maupun jangka panjang

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mrbm

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Media Riset Bisnis & Manajemen is a research media that is published based on OJS. MRBM is a research media owned by the Trisakti University Faculty of Economics and Business. MRBM was first published in 2001. In 2008 MRBM was once nationally accredited. The focus and scope of this research media ...