Makalah ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh adaptasi sosial siswa terhadap isu Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT) dalam lingkungan pendidikan. Isu LGBT yang semakin mengemuka di masyarakat juga merambah lingkungan pendidikan, berpotensi mempengaruhi pola pikir sosial siswa dan bertentangan dengan tujuan pendidikan nasional. Adaptasi sosial, terutama melalui pendidikan agama dari keluarga, sekolah, dan masyarakat, dianggap sebagai salah satu cara efektif untuk mencegah dan melindungi siswa, khususnya remaja, dari bahaya LGBT. Penelitian ini mengkaji konsep adaptasi sosial, lingkungan sosial, dan faktor-faktor yang berhubungan dengan penyebaran LGBT. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan pemahaman kepada siswa, orang tua, dan guru mengenai bahaya perilaku LGBT menurut perspektif sosial budaya dan agama, serta mendorong upaya pencegahan agar siswa dapat hidup sehat secara lahir dan batin.
Copyrights © 2023