Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Vol 8, No 2 (2025)

Pengaruh Penerapan Model Eliciting Activities Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Disposisi Matematis Siswa SMP

Sukma, Cut Wira (Unknown)
Yuanita, Putri (Unknown)
Kartini, Kartini (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model eliciting activities (MEAs) terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan disposisi matematis siswa secara keseluruhan dan berdasarkan kategori kemampuan awal matematika (KAM), serta mendeskripsikan interaksi antara model pembelajaran dan KAM terhadap peningkatan kedua kemampuan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent pretest-posttest control group. Sampel terdiri dari 120 siswa kelas VIII dari dua SMP Negeri di Pekanbaru, yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan non tes. Instrumen penelitian mencakup lembar angket disposisi matematis, soal tes kemampuan komunikasi matematis, serta perangkat pembelajaran yang telah divalidasi. Analisis data dilakukan menggunakan uji-t, ANOVA satu$ jalur dan dua jalur, serta uji lanjut Scheffe. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan MEAs secara signifikan lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan disposisi matematis siswa. Nilai rata-rata N-Gain kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapat pembelajaran MEAs lebih tinggi daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil uji hipotesis juga menunjukan bahwa terdapat interaksi antara pembelajaran dengan KAM terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis. Nilai rata-rata N-Gain kemampuan disposisi matematis siswa yang mendapat pembelajaran MEAs lebih tinggi daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional. Terdapat interaksi antara pembelajaran dengan KAM terhadap peningkatan kemampuan disposisi matematis. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapat pembelajaran MEAs lebih tinggi dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional, kemudian kemampuan disposisi matematis siswa yang mendapat pembelajaran MEAs lebih tinggi dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional dan terdapat interaksi antara pembelajaran dengan KAM (tinggi, se$dang, re$ndah) terhadap kemampuan komunikasi matematis dan disposisi matematis. Oleh karena itu  dapat dinyatakan bahwa pembelajaran dengan model eliciting activities berpengaruh  terhadap kemampuan komunikasi matematis dan disposisi matematis siswa SMP.Kata kunci:  disposisi matematis; kemampuan komunikasi matematis; model eliciting activities

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

juring

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Juring: Journal for Research in Mathematics Learning (pISSN 2621-7430 | eISSN 2621-7422) is a peer-reviewed publication with free access. The journal aims to publish original manuscripts on research and review from mathematics learning area. The main objective of the journal is to promote the ...