Literasi statistik merupakan kompetensi kunci yang diperlukan siswa untuk memahami, mengevaluasi, dan menggunakan data secara kritis dalam kehidupan sehari-hari, terutama di era abad ke-21 yang ditandai dengan derasnya arus informasi berbasis data. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji arah dan perkembangan studi mengenai literasi statistik siswa melalui pendekatan systematic literature review dengan metode PRISMA. Sebanyak 56 artikel yang dipublikasikan antara tahun 2015 hingga 2025 dianalisis secara sistematik dan bibliometrik menggunakan bantuan Publish or Perish dan VOSviewer. Hasil kajian menunjukkan adanya tren peningkatan jumlah publikasi sejak tahun 2018, dengan puncaknya pada tahun 2024, menandakan perhatian yang semakin besar terhadap literasi statistik dalam konteks pendidikan. Fokus utama penelitian banyak diarahkan pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), yang dinilai sebagai fase strategis dalam pengembangan kemampuan ini. Pendekatan kualitatif mendominasi (87%) studi yang dianalisis, menunjukkan kecenderungan eksplorasi aspek proses berpikir dan pengalaman belajar siswa. Analisis co-occurrence kata kunci mengungkapkan tiga klaster utama: penguasaan literasi statistik oleh siswa, pengukuran kemampuan literasi dalam studi empiris, dan integrasi literasi statistik dalam pembelajaran abad ke 21. Temuan ini mengkonfirmasi bahwa literasi statistik telah menjadi aspek fundamental dalam pendidikan modern. Saran bagi peneliti selanjutnya adalah agar dapat mengembangkan peneliatian melalalui pendekatan kuantitatif atau mengeksplorasi pada jenjang pendidikan lain seperti sekolah dasar dan perguruan tinggi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025