El Midad : Jurnal Jurusan PGMI
Vol. 17 No. 1 (2025): EL MIDAD: JURNAL JURUSAN PGMI

THE INFLUENCE OF CRITICAL THINKING SKILLS, TEACHER PEDAGOGICAL COMPETENCE, AND PARENTAL ATTENTION ON NUMERACY LITERACY SKILLS IN MADRASAH IBTIDAIYAH STUDENTS

Ahya Fathul Khoeriyah (Unknown)
Suwardi (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 May 2025

Abstract

Keterampilan literasi numerasi membantu peserta didik dalam mengambil keputusan yang rasional dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh keterampilan berpikir kritis, kompetensi pedagogi guru, dan perhatian orang tua terhadap keterampilan literasi numerasi peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik Madrasah Ibtidayah Negeri di Kabupaten Demak, Jawa Tengah yang berjumlah 65 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 55 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan rumus statistik Lavene Test, Glejser Test, Variance Inflation Factor (VIF), Deviation From Linearity, Durbin Watson, uji-t, uji-f. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) berpikir kritis memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan literasi numerasi dengan kontribusi sebesar 11%, (2) kompetensi pedagogi guru memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan literasi numerasi dengan kontribusi sebesar 14,8%, (3) perhatian orang tua memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan literasi numerasi dengan kontribusi sebesar 5,5%. (4) Keterampilan berpikir kritis, kompetensi pedagogi guru, dan perhatian orang tua secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan literasi numerasi dengan kontribusi sebesar 22,7%. Hasil penelitian ini mendukung teori konstruktivisme, teori behavioristik, dan teori Zone of Proximal Development (ZPD).

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

elmidad

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal elmidad mainly focuses on learning in Primary schools teacher education or primary school. Detailed scopes of articles accepted for submission to Jurnal elmidad are: Learning Theory Curriculum and Technology in Education School Management School Policy Teaching and ...