Epistema
Vol. 5 No. 2 (2024)

Penerapan Pembelajaran Kelas Rangkap (Multigrade Teaching) di Sanggar Bimbingan Malaysia

Wirya, Deany Yasir (Unknown)
Purwoko, Budi (Unknown)
Mariana, Neni (Unknown)
Khamidi, Amrozi (Unknown)
Wadinah, Ima (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan pembelajaran kelas rangkap di Sanggar Bimbingan Malaysia, sebagai salah satu bentuk pendidikan nonformal yang berfungsi mengatasi keterbatasan tenaga pengajar. Metode yang digunakan adalah studi literatur, dengan sumber data berupa artikel jurnal terakreditasi SINTA yang relevan dengan kata kunci "˜pembelajaran kelas rangkap' dan "˜sanggar bimbingan,' yang diterbitkan dalam rentang waktu 2020-2024. Analisis dilakukan secara deskriptif kualitatif untuk mengidentifikasi pola, perbedaan, dan persamaan dalam temuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kelas rangkap memberikan solusi efektif terhadap keterbatasan sumber daya pendidikan, meningkatkan hasil belajar siswa, dan mendukung pembelajaran yang inklusif melalui pendekatan tematik terpadu dan media pembelajaran inovatif. Namun, tantangan seperti kebutuhan pengelolaan waktu, keberagaman siswa, serta keterbatasan pelatihan guru masih menjadi kendala signifikan. Kesimpulan utama menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran kelas rangkap dapat ditingkatkan melalui pelatihan intensif bagi guru, pengembangan media pembelajaran kreatif, dan pemberdayaan guru melalui program mentoring. Sebagai rekomendasi, kolaborasi antara institusi pendidikan dan komunitas lokal perlu diperkuat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

epistema

Publisher

Subject

Education

Description

Epistema is a showcase of original and scrupulously conducted research in educational technology. The scope includes curriculum development & course design, innovation in learning, technology in learning, digital technology in education, evaluation of technology application in education and etc. in ...