pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi materi lompat tinggi melalui metode bola gantung dikelas VI SDN No.11 Tengkajau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode bolagantung yang berupaya mendeskripsikan data, fakta dan kecenderungan yang ada, serta melakukananalisis dan refleksi apa yang seharusnya dilakukan untuk memecahkan masalah. Data peningkatanaktivitas siswa dalam proses pembelajaran, menunjukkan bahwa terjadi peningkatan, siswa yangmemiliki kualitas gerak sangat baik meningkat 34% dari studi awal ke siklus pertama, 13% darisiklus pertama ke siklus kedua dan 24% dari siklus kedua ke siklus ketiga. Dengan demikian terjadipeningkatan kemampuan lompat tinggi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sebesar 73% sangatbaik 7% baik dan tidak ada lagi siswa yang memiliki kualitas gerak cukup dan kurang.Kata Kunci: Metode Bola Gantung, Lompat Tinggi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2014