Etika komunikasi merupakan aspek penting dalam dunia pendidikan, karena berperan dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif dan membentuk karakter siswa yang santun. Namun, berbagai survei menunjukkan adanya penurunan etika komunikasi di kalangan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi rendahnya etika komunikasi antar siswa dengan menggunakan pendekatan konseling behavior melalui teknik self management. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus terhadap 50 siswa MA Darul Huda Rembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik self management efektif dalam meningkatkan etika komunikasi siswa. Konseli, seperti RA dan DC, menunjukkan peningkatan dalam mengendalikan emosi dan berkomunikasi dengan lebih sopan. RA mulai lebih memperhatikan pilihan kata dalam berinteraksi dengan teman sekelas, sementara DC berhasil mengurangi penggunaan bahasa kasar. Perubahan ini juga mendapatkan respon positif dari lingkungan sekitar, termasuk guru dan teman sebaya. Kesimpulannya, teknik ini dapat digunakan secara lebih luas dalam layanan Bimbingan dan Konseling untuk meningkatkan etika komunikasi siswa secara berkelanjutan
Copyrights © 2024