Abstrak : Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan Blockingdalam permainan bola voli melalui metode bola gantung siswa kelas V SD Negeri 5 Landau GarongTahun Pelajaran 2011/2012. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas denganmenggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan,observasi dan refleksi. Adapun jumlah siswa kelas V SD Negeri 5 Landau Garong yang terdiri dari16 orang dengan komposisi perempuan 9 orang dan laki-laki 7 orang Berdasarkan analisis terhadapdata hasil penelitian tindakan kelas ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaranmelalui bola gantung dapat meningkatkan teknik dasar blocking dalam permainan bola voli padasiswa kelas V SDN 5 Landau Garong. Peningkatan teknik dasar blocking ini yang meliputi teknikdasar awalan, lompatan, mendarat dan perkenaan dengan bola adalah sebagai berikut: 1) Padaawalan terjadi peningkatan sebesar 28 % dari sebelum tindakan ke tindakan siklus pertama dan 22% dari siklus pertama ke siklus kedua. 2) Pada teknik dasar lompatan terjadi peningkatan sebesar23.50 % dari pra siklus ke siklus kedua dan 18 % dari siklus pertama ke siklus kedua. 3) Padateknik dasar mendarat terjadi peningkatan sebesar 22 % dari sebelum tindakan ke siklus pertamadan 20 % dari siklus pertama ke siklus kedua. 4) Pada teknik dasar perkenaan dengan bola terjadipeningkatan sebesar 28 % daari sebelum tindakan ke siklus pertama dan 15.50 % dari sikluspertama ke siklus kedua.Kata Kunci: Teknis Blocking, Permainan Bola Voli
Copyrights © 2014