Assessment as learning merupakan assessment yang dilakukan guru dan melibatkan peserta didik secara langsung mengembangkan keterampilan metakognitif. Quizizz merupakan media pembelajaran digital yang mampu meningkatkan motivasi belajar dan menarik motivasi belajar peserta didik yang dapat disusun berdasarkan karakteristik peserta didik. Penelitian ini perlu dilakukan guna mengetahui tingkat efektivitas Quizizz sebagai aplikasi assessment as learning untuk peningkatan capaian belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experiment design dengan desain penelitian one group pre-test post-test. Sasaran penelitian dilakukan pada 30 peserta didik yang ditentukan secara random. Instrumen yang digunakan adalah instrumen lembar validasi, instrumen test (pre-test dan post-test), lembar observasi dan lembar angket respon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Quizizz yang dirancang memiliki nilai validitas sangat valid dengan nilai kevalidan sebesar 95,27 sehingga penggunaan Quizizz dapat berpengaruh terhadap pencapaian belajar peserta didik. Pengaruh pemakaian aplikasi Quizizz terhadap pencapaian belajar peserta didik sebesar 59,3%, setiap penambahan 1% penggunaan Quizizz maka hasil belajar meningkat sebesar 1,135 dan pelaksanaan proses pembelajaran menggunakan Quizizz berjalan secara efektif sesuai dengan rancangan pembelajaran dan mendapatkan tanggapan baik dari peserta didik.
Copyrights © 2025