Keterampilan berpikir kritis merupakan kemampuan untuk melakukan analisis mendalam, mengevaluasi informasi secara cermat dan mengambil keputusan yang logis dan rasional. Materi virus merupakan salah satu materi yang selaras untuk melatihkan berpikir kritis, karena dalam proses pembelajaran diperlukan keterlibatan peserta didik secara aktif dan kolaboratif untuk memahami konsep materi. Tujuan penelitian ini menghasilkan e-modul berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis pada materi virus kelas X SMA yang layak berdasarkan validitas, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Pengembangan e-modul diselaraskan dengan sintaks PBL dan diperkaya dengan fitur-fitur khusus yang dirancang untuk melatih keterampilan berpikir kritis, diantaranya Bio-Orientation, Bio-Watch, Bio-Concept, Bio-Activity, Bio-Present, Let’s Practice dan Bio-Eval. Parameter penilitian ini yaitu validasi e-modul dinilai oleh dua dosen ahli dan satu guru biologi, kepraktisan e-modul diukur berdasarkan keterlaksanaan proses pembelajaran dan respon peserta didik, serta keefektifan e-modul dinilai berdasarkan pencapaian hasil belajar yang diperoleh melalui nilai pre-test dan post-test sesuai dengan indikator berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul berbasis PBL dinyatakan sangat valid dengan skor 95%. Dari segi kepraktisan, e-modul dinilai sangat praktis berdasarkan dari keterlaksanaan pembelajaran memperoleh skor 98% dan respon peserta didik yang sangat positif mencapai 98%. E-modul terbukti efektif melatih berpikir kritis ditunjukkan melalui skor N-Gain sebesar 0,7 yang tergolong dalam kategori tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis PBL memiliki tingkat validitas, kepraktisan dan efektivitas yang tinggi, sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi virus. Kata Kunci: E-modul, Problem Based Learning, Virus, Berpikir Kritis
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025