Keterampilan berpikir kritis merupakan keterampilan abad 21 meliputi keterampilan 4C (Critical Thinking, Collaboration, Communication, Creativity) yang perlu dimiliki oleh peserta didik serta untuk mencapai standar kelulusan Kurikulum Merdeka pada submateri Animalia Vertebrata sesuai capaian pembelajaran (CP) fase E kelas X Sekolah Menengah Atas. Technological, Pedagogical, and Content Knowledge (TPACK) menjadi salah satu alternatif untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis dalam memecahkan masalah pembelajaran biologi. Penelitian ini bertujuan menghasilkan E-LKPD berbasis pendekatan TPACK untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis meliputi interpretasi, analisis, evaluasi dan inferensi yang valid, praktis, serta efektif. Model pengembangannya yakni 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Sebanyak 20 peserta didik kelas X SMA Atma Widya Surabaya mengikuti uji coba terbatas. Validitas E-LKPD ditinjau dari aspek isi, desain, multimedia, keterampilan berpikir kritis, TPACK dan bahasa oleh validator ahli. Kepraktisan E-LKPD ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran serta respons guru dan peserta didik. Keefektifan E-LKPD ditinjau dari ketercapaian indikator keterampilan berpikir kritis. Penelitian pengembangan ini menghasilkan E-LKPD berbasis pendekatan TPACK berbantuan liveworksheet terdapat fitur-fitur E-LKPD meliputi Bio-Orientation, Bio-Activity, Bio-Task, dan Bio-Reflection yang fungsinya disesuaikan dengan komponen TPACK dan merujuk melatihkan keterampilan berpikir kritis. Berdasarkan penelitian mendapatkan hasil bahwa E-LKPD valid dengan rata-rata skor sebesar 3,75. E-LKPD praktis dengan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran 93,8%, hasil respons guru 98,1%, dan hasil respons peserta didik 99,1% serta E-LKPD efektif dengan hasil lembar tes ketercapaian indikator keterampilan berpikir kritis, mendapatkan nilai N-gain sebesar 0,80 (tinggi). Temuan ini mengindikasikan bahwa E-LKPD valid, praktis, dan efektif, sehingga layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Copyrights © 2025