Keterampilan berpikir kritis sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan abad 21. Untuk melatih keterampilan berpikir kritis dapat dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran project based learning. E-LKPD merupakan media pembelajaran yang dapat mendorong keaktifan peserta didik dan melatih keterampilan berpikir kritis dalam memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD interaktif berorientasi project based learning untuk melatih keterampilan berpikir kritis pada materi perubahan lingkungan yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Parameter penelitian yang diukur adalah validitas dan kepraktisan E-LKPD. Validitas ditinjau dari penyajian, isi, dan bahasa. Kepraktisan ditinjau dari keterlaksanaan aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran menggunakan E-LKPD dan respon peserta didik setelah menggunakan E-LKPD. Analisis data penelitian ini dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, validitas E-LKPD sebesar 95% dengan kriteria sangat valid. Kepraktisan E-LKPD berdasarkan keterlaksanaan E-LKPD sebesar 98,93% dengan kriteria sangat baik dan respon peserta didik sebesar 99,1% dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian, E-LKPD berorientasi PjBL dinilai valid dan praktis sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2025