Jurnal Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran Matematika
Vol. 2 No. 1 (2025): Mei

Dampak Pembelajaran Matematika Berbasis Mobile untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan kreatif Matematis Siswa

Setiadi, Hari (Unknown)
Nita Fauziyah (Unknown)
Linda Darmawanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 May 2025

Abstract

Kemampuan berpikir kritis matematis esensial, namun materi peluang majemuk sering dirasa abstrak. Penelitian sebelumnya menunjukkan potensi teknologi mobile, tetapi pengembangan yang simultan meningkatkan berpikir kreatif dan kritis masih terbatas. Studi ini bertujuan mengembangkan aplikasi pembelajaran matematika berbasis mobile untuk materi peluang majemuk, dengan desain mengintegrasikan fitur pemicu dan pengukur kedua kemampuan tersebut. Penelitian ini menggunakan ADDIE, penelitian yang melibatkan 72 siswa dari sekolah menengah atas di Bekasi. Instrumen validasi ahli dan tes kemampuan digunakan. Hasil validasi ahli teknologi dan matematika menyatakan aplikasi sangat layak. Uji – t menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah matematis siswa di kelas eksperimen. Implikasinya, aplikasi ini efektif meningkatkan minat, kemampuan berargumentasi, menawarkan alternatif pembelajaran berkualitas, dan menemukan solusi alternatif

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edumathtec

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran Matematika merupakan jurnal yang berfokus pada Pendidikan dan teknologi pada pembelajaran matematika yang diterbitkan oleh Magister Pendidikan Matematika Universitas Terbuka. Jurnal ini mempublikasikan hasil dari penelitian dan artikel ilmiah bidang ...