Sosial Budaya
Vol 21, No 1 (2024): Juni 2024

Dinamika Partisipasi Politik Generasi Milenial pada Pemilihan Presiden 2024 melalui Media Sosial: Studi Kasus Rumah Juang Gerindra SUMUT

Sofia, Natasya (Unknown)
Ritonga, Muhammad Husni (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2024

Abstract

Partisipasi generasi milenial dalam Pemilihan Umum 2024 di Indonesia mencerminkan perubahan signifikan dalam lanskap politik negara, dengan peningkatan partisipasi pemilih yang menandakan kesadaran politik yang semakin meningkat. Disisi lain media sosial telah membuka peluang baru untuk partisipasi politik generasi milenial. Penelitian ini bertujuan untuk memahami Bentuk Partisipasi Politik Generasi Milenial Pada Pemilihan Presiden 2024 Studi Kasus Rumah Juang Gerindra Sumut dan Dinamika Partisipasi Politik Generasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk memahami fenomena. Untuk menyelidiki dinamika partisipasi politik generasi milenial dalam pemilihan presiden 2024 melalui media sosial, studi kasus Rumah Juang Gerindra Sumut memerlukan pengumpulan data primer dan sekunder yang mencakup berbagai aspek. Adapun hasil penelitian menyatakan bentuk partisipasi genereasi milenial pada pemilu 2024 rumah juang sumut yaitu melakukan kegiatan bersosialisasi/bersilaturahmi kemasyarakatan, mengadakan diskusi politik antar generasi milenial, mengikuti pendidikan/pelatihan politik’ menjadi relawan, menjadi saksi di TPS maupun saksi di kecamatan pada pemilu presiden 2024, menjaditi pemenangan, bepartisipasi dalam pemanfaatan media massa maupun media sosial dan terlibat menggunakan hak pilih pada pemilu presiden 2024 dan  dinamika partisipasi politik milenial dalam  platform media sosial adalah seperti instagram, tiktok, youtube, facebook dan lainnya menjadi platform di mana generasi milenial dapat menyalurkan aspirasi, pemikiran, dan opini mereka, merespon komentar, mengadakan sesi tanya jawab, dan membuat polling untuk mengumpulkan opini publik. Ini sangat membantu membangun keterlibatan dan rasa memiliki di kalangan milenial. Mereka menggunakan hastag yang sangat menarik dan kampanye digital yang kreatif untuk menyebarkan pesan partai dan mengajak generasi milenial untuk terlibat dan juga memanfaatkan momen viral dan tren media sosial untuk meningkatkan visibilitas

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SosialBudaya

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Sosial Budaya (Online ISSN 2407-1684 | Print ISSN 1979-2603), merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UIN Sultan Syarif Kasim Riau sejak tahun 2007. Jurnal Sosial Budaya ini merupakan media yang memuat kajian-kajian ilmiah dalam bentuk hasil ...