Jurnal Abadimas Adi Buana
Vol 9 No 01 (2025): Jurnal Abadimas Adi Buana

MEMBANGUN PERSONAL BRANDING DAN STRATEGI PEMASARAN DIRI BAGI SISWA SMK NEGERI 7 MALANG

Puspita, Dyah Rangga (Unknown)
Dhiptya Ratri Anggraheni (Unknown)
Arie Ika Stiowati (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2025

Abstract

Di era digital yang penuh tantangan dan persaingan global, kemampuan untuk membangun citra diri yang positif melalui personal branding serta keterampilan memasarkan diri menjadi kompetensi penting yang harus dimiliki oleh generasi muda, khususnya siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Sayangnya, masih banyak siswa yang belum memiliki kesadaran dan pemahaman tentang pentingnya strategi personal branding sejak dini, padahal hal ini sangat berpengaruh terhadap peluang kerja, jenjang karier, dan keberhasilan dalam dunia kewirausahaan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Malang dengan tujuan untuk memberikan edukasi kepada siswa mengenai cara mengenali potensi diri; memberikan pemahaman tentang pemanfaatan media sosial secara strategis; serta mendorong siswa menyusun strategi pemasaran diri sesuai tujuan karier mereka. Metode kegiatan mencakup studi pendahuluan, wawancara dengan pihak sekolah, sosialisasi, serta pengukuran dampak kegiatan melalui penyebaran kuesioner dengan skala Likert kepada 49 responden. Hasil sebelum dan sesudah sosialisasi menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan sebesar 11,8%, dari skor rata-rata 3,39 menjadi 3,98. Selain itu, siswa juga menyatakan bahwa materi yang disampaikan sangat bermanfaat (skor 4,27) dan sesuai dengan kebutuhan mereka (skor 4,10). Dengan demikian, sosialisasi personal branding dan strategi pemasaran diri menjadi salah satu solusi strategis dalam membekali siswa SMK agar lebih siap bersaing di dunia profesional yang semakin kompleks.  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

abadimas

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Energy Public Health Other

Description

This Scientific Periodic Issue is a scientific publication in the field of community service and empowerment with coverage in the fields of Education, Economics, Technology, Science, and Health. Authors are encouraged to submit full, unpublished, original and complete articles that are not being ...