Journal of Knowledge Management
Vol 17 No 2 (2023): Journal of Knowledge Management

Pengaruh Service Quality, Customer Perception dan Price Terhadap Customer Satisfaction di Taman Wisata Alam Gunung Papandayan Garut

Febrianto, Daffa Falih (Unknown)
Setiawan, Rahyuniati (Unknown)
Cupiadi, Hedi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Taman Wisata Alam Gunung Papandayan di Kabupaten Garut menawarkan pemandangan pegunungan dan keindahan alam yang menakjubkan, namun menghadapi tantangan dalam meningkatkan kapasitas layanan dan kepuasan pengunjung. Service Quality, Customer Perception, dan Price memiliki peran penting dalam menentukan Customer Satisfaction di tempat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pandangan pengunjung terhadap ketiga faktor tersebut serta dampaknya terhadap Customer Satisfaction. Melalui pendekatan kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif, melibatkan 100 responden pengunjung, data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan Partial Least Square – Structural Equation Modelling dengan SmartPLS 4.0. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa Service Quality berpengaruh positif terhadap Customer Satisfaction dengan menunjukkan bahwa layanan yang baik dapat secara signifikan meningkatkan kepuasan pengunjung. Customer Perception yang positif juga mempengaruhi Customer Satisfaction dengan menekankan bahwa bagaimana pengunjung memandang dan merasakan pengalaman mereka di tempat wisata ini sangat berpengaruh terhadap tingkat kepuasan mereka. Selain itu, Price berpengaruh positif terhadap Customer Satisfaction, menunjukkan bahwa harga yang dianggap sebanding dengan nilai yang diterima dapat meningkatkan kepuasan pengunjung. Implikasi dari penelitian ini dapat dimanfaatkan untuk merancang strategi pemasaran yang lebih efektif untuk Taman Wisata Alam Gunung Papandayan dan untuk memajukan destinasi wisata di Kabupaten Garut secara keseluruhan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JKM

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal of Knowledge Management is a scientific media aimed at helping accelerate the dissemination of scientific information regarding the development of science and research in the management field. Journal of Knowledge Management presents scientific articles, which are built based on research and ...