Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian budaya sekolah disiplin positif serta bagaimana pengorganisasian budaya sekolah disiplin positif dalam program pengelolaan sekolah berbasis keterampilan abad 21 di SMP Negeri 2 Mranggen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Temuan penelitian menunjukkan bahwa perencanaan budaya sekolah disiplin positif dilakukan melalui penyusunan kebijakan yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan. Pengorganisasian melibatkan pembagian tugas yang jelas antara kepala sekolah, guru, dan staf dalam mendukung implementasi budaya disiplin positif. Pelaksanaan budaya sekolah disiplin positif diwujudkan melalui program rutin, pembiasaan nilai-nilai positif, serta pemanfaatan teknologi dalam mendukung keterampilan abad 21. Pengendalian dilakukan melalui evaluasi berkala dan umpan balik dari berbagai pihak untuk memastikan keberlanjutan program. Hasil penelitian ini menegaskan bahwa budaya sekolah disiplin positif yang terorganisir dengan baik dapat memperkuat pengelolaan sekolah berbasis keterampilan abad 21. Oleh karena itu, disarankan agar sekolah terus mengembangkan strategi inovatif dalam menanamkan budaya disiplin positif guna meningkatkan kualitas pendidikan yang adaptif terhadap tuntutan zaman.
Copyrights © 2025