Disiplin dalam konteks pendidikan anak usia dini dapat diartikan sebagai kemampuan anak dalam menaati peraturan dan norma yang berlaku. PAUD Nurul Islam merupakan lembaga pendidikan yang belum optimalnya kemampuan kedisiplinan anak. Sebagian anak masih mengalami kesulitan dalam menaati peraturan dan rutinitas yang telah ditetapkan, seperti datang terlambat ke sekolah, membuang sampah pada tempatnya dan tidak mengindahkan perintah guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi kedisiplinan anak kelompok A di PAUD Nurul Islam Kragilan dan untuk mengetahui strategi kedisiplinan yang digunakan di PAUD Nurul Islam Kragilan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah anak Kelompok A dan guru PAUD Nurul Islam Kragilan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara. Berdasarkan hasil temuan yang diperoleh, penanaman kedisiplinan pada anak usia dini di PAUD Nurul Islam dilakukan melalui berbagai pendekatan dengan melibatkan guru sebagai panutan. Kondisi kedisiplinan anak tidak berdasarkan hati nuraninya tetapi dipengaruhi oleh orang lain. Guru di PAUD Nurul Islam menggunakan berbagai strategi untuk menanamkan kedisiplinan pada anak, salah satunya melalui pembiasaan, nasihat dan pemberian reward. Orang tua harus menciptakan lingkungan yang baik, pihak sekolah terus menjalin kerjasama yang baik dan peneliti dapat menambah wawasan tentang strategi guru.
Copyrights © 2025