Teknologi semakin berkembang pesat di era digital ini, dan penggunaan kecerdasan buatan (AI) semakin umum digunakan dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Salah satu bentuk AI yang digunakan dalam pendidikan adalah chatbot. Maka dari itu, artikel ini menganalisis persepsi mahasiswa perguruan tinggi di kota Makassar terkhusus pada fakultas teknik terhadap efektivitas penggunaan chatbot AI sebagai media bantu pembelajaran interaktif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa pengisian kuesioner secara online. Sampel penelitian terdiri dari 76 mahasiswa teknik di Perguruan Tinggi Kota Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa merasa bahwa chatbot AI membantu dalam proses pembelajaran, memfasilitasi pemerolehan dan berbagi pengetahuan, serta menerapkan pengetahuan dalam kegiatan belajar dan penugasan. Selain itu, mahasiswa juga merasa bahwa chatbot AI memberikan manfaat yang lebih besar dari yang mereka perkirakan dan memenuhi harapan mereka sebagai media bantu pembelajaran. Penelitian ini memberikan wawasan yang mendalam tentang penggunaan chatbot AI dalam konteks pendidikan dan bagaimana persepsi mahasiswa terhadap teknologi ini.
Copyrights © 2025