Setiap perusahaan mempunyai sasaran uama untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. Aspek yang dapat menentukan laba bersih yaitu dengan mempertimbangkan besarnya volume penjualan yang diperoleh serta total pengeluaran yang dikeluarkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah penjualan berpengaruh secara parsial dan seberapa besar penjualan berpengaruh terhadap laba bersih pada perusahaan manufaktur sektor makanan dan minuman yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2021-2023. Studi ini menggunakan metode kuantitatif, Populasi penelitian berjumlah 95 perusahaan dengan sampel 29 perusahaan yang diperoleh melalui metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data memakai data sekunder. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana dan diolah melalui SPSS Versi 26. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penjualan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap laba bersih dan besarnya pengaruh penjualan terhadap laba bersih sebesar 55,2% sisanya sebesar 44,8% dipengaruhi oleh variabel lain.
Copyrights © 2025