Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIB UPT SDN 064025 pada materi rotasi bumi melalui penerapan model pembelajaran probing prompting. Model ini diterapkan untuk mendorong siswa lebih aktif dan memperdalam pemahaman konsep dengan pertanyaan-pertanyaan penuntun yang menggali dan mengarahkan. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, dengan subjek 25 siswa. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan, dengan persentase ketuntasan belajar siswa meningkat dari 44% (rata-rata nilai 66) pada siklus I menjadi 92% (rata-rata nilai 85) pada siklus II. Partisipasi dan antusias siswa juga meningkat, terutama setelah penerapan kuis interaktif menggunakan Wordwall untuk mengonfirmasi pemahaman. Dengan demikian, model pembelajaran probing prompting terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran IPA materi rotasi bumi.
Copyrights © 2025