Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar mengenai materi volume gabungan bangun ruang dengan penerapan pendekatan TaRL pada peserta didik kelas VI UPT SD Negeri 064025. Jenis penelitian yang digunakan adalah adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & McTaggart yang setiap siklusnya meliputi (1) Tahapan perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI-A UPT SD Negeri 064025 yang berjumlah 25 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa pendekatan TaRL menunjukkan peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Pada siklus pertama, ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 32% dengan rata-rata nilai 75,20 . Namun setelah dilakukan refleksi dan perbaikan pembelajaran, ketuntasan belajar meningkat menjadi 88% dengan rata-rata nilai 83,54 pada siklus kedua. Strategi pembelajaran yang dirancang sesuai dengan tingkat kemampuan atau level kognitif siswa terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI UPT SD Negeri 064025.
Copyrights © 2025