JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V-C UPT SDN 064025 Medan Melalui Model Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) Pada Materi Menghargai Keragaman di Indonesia

Sihotang, Cicilia Anastasi Br (Unknown)
Juliana, Juliana (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 May 2025

Abstract

Rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V-C UPT SDN 064025 Medan pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila materi Menghargai Keragaman di Indonesia menjadi permasalahan yang perlu segera diatasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL dengan pendekatan CRT dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, ditunjukkan dengan peningkatan persentase ketuntasan belajar dari 56% pada siklus I menjadi 88% pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut, penerapan model PBL dengan pendekatan CRT efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi keragaman di Indonesia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...