Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi rotasi Bumi melalui penerapan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dan model Quantum Learning di kelas VI-A UPT SDN 064025 Medan. Masalah yang dihadapi adalah rendahnya hasil belajar siswa akibat miskonsepsi konsep dan kurangnya keterlibatan aktif dalam pembelajaran. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, observasi, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa penerapan pendekatan TaRL yang menyesuaikan pembelajaran dengan kemampuan siswa, serta model Quantum Learning yang menciptakan suasana aktif dan menyenangkan, meningkatkan hasil belajar secara signifikan. Ketuntasan belajar meningkat dari 44% pada siklus I menjadi 96% pada siklus II. Dengan demikian, penerapan kedua pendekatan ini terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2025