JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Penerapan Media PhET Simulation untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Kelas V Pada Materi Pembagian Pecahan di SD Negeri 064025 Medan Tuntungan

Ad, Maulina M. (Unknown)
Juliana, Juliana (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 May 2025

Abstract

Pada kelas V-A SD N 064025 Medan Tuntungan yang menjadi fokus penelitian ini, terdapat permasalahan signifikan terkait dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika subtopik pembagian pecahan. Berdasarkan hasil asesmen yang dilakukan mendapat hasil lebih dari 50% peserta didik belum mencapai standar kelulusan yang telah ditentukan yaitu 70. Teknik analisi kualitatif yaitu menggambarkan keterlaksanaan rencana tindakan. Sedangkan teknik kuantitatif digunakan untuk menganalisis pencapaian belajar atau prestasi belajar siswa. Penelitian dimulai dari mengelompokkan siswa berdasarkan kemampuannya yang terdiri dari 3 kelompok yaitu kelompok mahir, berkembang, dan belum berkembang. Pada perencanaan pembelajaran siklus I dan perbaikan siklus 2 penulis dapat menarik kesimpulan bahwa penerapan model explicit intruction berbantu media PhET efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada Siklus I, hanya 43% siswa yang tuntas, sementara pada Siklus II, ketuntasan peserta didik mencapai angka 89%. Proses pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan menjadi faktor penting yang mendorong pencapaian ketuntasan belajar secara maksimal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...