JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Perspektif Islam Dan Barat Dalam Paradigma Aksiologi Pendidikan Islam

Hidayat, Rio (Unknown)
Aprison, Wedra (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penanaman nilai (aksiologi) sebagai fondasi pembentukan karakter dalam pendidikan, serta adanya perbedaan mendasar antara paradigma Islam yang menekankan nilai-nilai transendental dan pembentukan insan kamil dengan paradigma Barat yang mengutamakan rasionalitas, kebebasan individu, dan relativitas nilai. Dengan menggunakan metode kualitatif studi literatur—meliputi telaah pustaka terhadap buku filsafat pendidikan Islam dan Barat, jurnal ilmiah, serta artikel akademik—data dianalisis secara deskriptif-kritis untuk membandingkan konsep, sumber, dan tujuan nilai dalam kedua perspektif. Hasilnya menunjukkan bahwa pendidikan Islam mengintegrasikan nilai spiritual, moral, dan sosial dari wahyu dan tradisi ilmiah Islam untuk membentuk karakter berakhlak mulia, sedangkan paradigma Barat berorientasi pada pembentukan kemampuan berpikir kritis, adaptasi konteks sosial, dan inovasi metodologis melalui pendekatan humanisme, pragmatisme, eksistensialisme, dan liberalisme. Analisis komparatif mengungkap kelebihan dan kelemahan masing-masing pendekatan—kekuatan Islam dalam kohesi moral dan spiritual serta Barat dalam responsivitas terhadap dinamika modern—yang apabila diintegrasikan secara kontekstual dapat menghasilkan model pendidikan holistik dan relevan bagi tantangan global abad ke-21.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...