JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 026 Rambah Samo Materi Perkalian melalui Model Pembelajaran Tipe Think Pair Share

Halimah, Halimah (Unknown)
Dwiana, Ari Aprilia (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan model pembelajaran tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar Matematika materi Perkalian pada siswa kelas IV SD Negeri 026 Rambah Samo. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang melibatkan siswa kelas IV yang berjumlah 23 orang siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Metode analisis data dengan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar mata pelajaran Matematika dengan materi Perkalian dinyatakan meningkat. Hal ini dibuktikan dari peningkatan hasil belajar siswa-siswi kelas IV SD Negeri 026 Rambah Samo pada siklus I adalah 30,44% dan siklus II adalah 86,95%. Berdasarkan data persentase tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa pada tiap siklus. Peningkatan persentase dari dari siklus I ke siklus II sebesar 56,51%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...