Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan model pembelajaran tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar Matematika materi Perkalian pada siswa kelas IV SD Negeri 026 Rambah Samo. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang melibatkan siswa kelas IV yang berjumlah 23 orang siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Metode analisis data dengan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar mata pelajaran Matematika dengan materi Perkalian dinyatakan meningkat. Hal ini dibuktikan dari peningkatan hasil belajar siswa-siswi kelas IV SD Negeri 026 Rambah Samo pada siklus I adalah 30,44% dan siklus II adalah 86,95%. Berdasarkan data persentase tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa pada tiap siklus. Peningkatan persentase dari dari siklus I ke siklus II sebesar 56,51%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025