Pembelajaran matematika khususnya materi pengurangan merupakan bagian penting dalam kurikulum kelas 1 SD. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika pada materi Pengurangan pada siswa kelas 1 SDN 005 Sei Meranti Darussalam dengan penerapan pendekatan Media Gambar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 Siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas 1 SDN 005 Sei Meranti Darussalam yang berjumlah sebanyak 31 orang yang terbagi atas 13 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil belajar Matematika siswa-siswi materi Pengurangan menggunakan pendekatan Media Gambar kelas 1 SDN 005 Sei Meranti Darussalam yang berjumlah 31 siswa pada siklus I adalah 32,26% dan siklus II adalah 87,1%. Berdasarkan data persentase tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa pada tiap siklus. Peningkatan persentase dari dari siklus I ke siklus II sebesar 54,84%.
Copyrights © 2025