JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Revitalisasi Pembelajaran Bahasa Bugis di Sekolah Dasar: Studi Kualitatif terhadap Kesiapan Guru dan Sumber Daya

Musawir, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 May 2025

Abstract

Pembelajaran Bahasa Bugis di sekolah dasar mengalami tantangan serius akibat rendahnya kesiapan guru dan keterbatasan sumber daya pendukung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan guru dan mengidentifikasi sumber daya dalam mendukung revitalisasi pembelajaran Bahasa Bugis. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, bertempat di beberapa sekolah dasar di Kabupaten Maros. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru belum memiliki latar belakang pendidikan bahasa daerah dan minim pelatihan profesional. Sumber daya ajar seperti buku dan media pembelajaran juga terbatas. Meskipun demikian, guru menerapkan strategi berbasis budaya lokal seperti mendongeng dan proyek bahasa sederhana. Kesimpulannya, revitalisasi pembelajaran Bahasa Bugis tetap dapat dilakukan melalui strategi kontekstual dan dukungan kelembagaan yang berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...