JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Peran Teori Ilmiah dalam Menyikapi Disinformasi dan Polarisasi Sosial

Mulyadi, Mulyadi (Unknown)
Fitrisia, Azmi (Unknown)
Fatimah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

Fenomena disinformasi dan polarisasi sosial menjadi tantangan serius dalam kehidupan bermasyarakat modern, terutama di era digital saat ini. Arus informasi yang deras dan tidak terverifikasi sering kali mengaburkan batas antara fakta dan opini, sehingga mengganggu proses pencarian kebenaran. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana teori ilmiah, sebagai fondasi pengetahuan yang rasional dan sistematis, dapat berperan dalam menghadapi disinformasi serta meredam polarisasi sosial. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review yang dipadukan dengan analisis bibliometrik menggunakan perangkat lunak VOSviewer untuk memetakan pola-pola penelitian terkait topik ini. Hasil kajian menunjukkan bahwa teori ilmiah mampu memberikan kerangka berpikir yang objektif, kritis, dan berbasis bukti dalam menyikapi informasi. Selain itu, visualisasi data bibliometrik dengan VOSviewer membantu mengidentifikasi tren penelitian dan hubungan antar konsep yang relevan. Kesimpulannya, teori ilmiah tidak hanya relevan dalam ranah akademik, tetapi juga penting sebagai alat pemikiran dalam menjaga kohesi sosial dan ketahanan informasi di tengah derasnya arus disinformasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...