JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Pengaruh Penggunaan Media Magic Puffer Ball Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini di PAUD Dahlia Padang

Kurnia Ilahi, Agustria (Unknown)
Nurhafizah, Nurhafizah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan yang telah dilakukan di PAUD Dahlia terhadap kemampuan kreativitas anak yang belum berkembang secara optimal. Sehingga perlu dilakukan peningkatan dengan menggunakan media permainan magic puffer ball sebagai wadah untuk melatih kemampuan kreativitas anak seperti anak mampu membuat suatu bentuk karya tanpa meniru karya orang lain, mampu menghasilkan suatu bentuk dari media permainan, bertanggung jawab dalam melakukan suatu hal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kreativitas anak di PAUD Dahlia melalui penggunaan media permainan magic puffer ball. Jumlah anak yang menjadi subjek berjumlah 20 anak yang terbagi ke dalam 2 kelas, yaitu kelas eksperimen sebanyak 10 anak dan kelas kontrol sebanyak 10 amak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis untuk melihat pengaruh penggunaan media magic puffer ball dalam meningktakan kemampuan kreativitas anak menggunakan aplikasi SPSS 25.0. Hasil dari uji normalitas untuk kelas eksperimen sebesar 0,229 dan kelas kontrol sebesar 0, 231, hasil tersebut menunjukan bahwa kedua kelas memiliki data yang terdistribusi normal. Hasil uji homogenitas kedua kelas sebesar 0,806 hasil tersebut menunjukan bahwa kedua kelas memiliki perbedaan yang signifikan. Hasil uji hipotesis kedua kelas sebesar 0,042 hasil tersebut menunjukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, terdapat pengaruh dari penggunaan media magic puffer ball dalam memingkatkan kreativitas anak usia dini di PAUD Dahlia Padang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...