JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Turunan Fungsi

Rizqina Zahiroh HR, Ummi (Unknown)
Nizar Rangkuti, Ahmad (Unknown)
Adinda, Anita (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi turunan fungsi serta mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan siswa. Metode yang digunakan adalah pendekatan deksriptif kualitatif. Data diperoleh melalui tes tertulis dan wawancara terhadap lima siswa kelas XII di Madrasah Aliyah YPKS Padangsidimpuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa sering melakukan kesalahan dalam proses penurunan fungsi, perhitungan dan penulisan jawaban akhir. Kesalahan tersebut diakibatkan oleh kurangnya pemahaman konsep, terburu-buru dalam menyelesaikan soal, serta kurangnya ketelitian dalam memeriksa jawaban. Faktor-faktor ini menyimpulkan bahwa perlunya strategi pembelajaran yang lebih efektif, termasuk penguatan konsep dasar, pengajaran langkah-langkah penyelesaian soal, dan pembiasaan siswa untuk memeriksa kembali jawaban mereka. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran matematika, khususnya pada materi turunan fungsi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...