JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Analisis Ekofeminisme dalam Kumpulan Cerpen Perempuan Berlipstik Kapur Karya Esti Nuryani Kasam

Hasmawati, Hasmawati (Unknown)
Srimularahmah, Andi (Unknown)
Marwil, Andi Nurhabibi (Unknown)
Sua, Andi Tenri (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan citra perempuan berdampigan dengan alam dalam kumpulan cerpen Perempuan Berlipstik Kapur dan mendeskripsikan peran perempuan terhadap alam dalam kumpulan cerpen Perempuan Berlipstik Kapur. Jenis penelitian terhadap kumpulan cerpen Perempuan Berlipstik Kapur menggunakan deskriptif kualitatif Data dalam penelitian ini diperoleh dari kutipan teks kumpulan cerpen Perempuan Berlipstik Kapur. Data tersebut dapat berupa kata, frasa, klausa, kalimat, dan wacana yang mendukung hal berkaitan dengan permasalahan penelitian. Sumber data penelitian yakni kumpulan cerpen Perempuan Berlipstik Kapur karya Esti Nuryani Kasam. Instrumen dalam penelitian ini yaitu peneliti sebagai instrumen kunci dan menggunakan kartu data untuk mengumpulkan data-data penelitian sesuai fokus penelitian. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik hermeneutik. Validasi data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik triangulasi data. Teknik triangulasi data merupakan penggabungan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian untuk pemeriksaan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra perempuan berdampingan dengan alam meliputi menjaga keseimbangan antara manusia dan alam, aktif dalam pelestarian alam, perempuan sebagai sosok yang mandiri, pemberani dan bersemangat menjelajahi alam.Perempuan berperan sebagai agen perubahan sosial. Hubungan erat perempuan dengan alam tidak hanya menciptakan harmoni tetapi juga menumbuhkan spiritualitas, ketangguhan, dan harapan baru bagi kehidupan yang lebih baik

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...