JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Video Tutorial Pada Mata Pelajaran Teknik Pengelasan Smaw Pada Posisi 1F Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fase F/XI Siswa SMK Negeri 5 Padang

Hafizul Akbar, Esa (Unknown)
Erizon, Nelvi (Unknown)
Syahri, Budi (Unknown)
Adri, Junil (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2025

Abstract

Menjaga dan meningkatkan kualitas pendidikan merupakan tantangan penting di berbagai sistem pendidikan. Berbagai permasalahan seperti kurikulum yang tidak relevan, kurangnya tenaga pendidik yang berkualitas, serta metode pengajaran yang kurang efektif menjadi hambatan dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis video tutorial terhadap hasil belajar siswa. Subjek penelitian terdiri atas 60 siswa SMK Negeri 5 Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design, dengan instrumen penelitian berupa lembar tes serta uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, dan independent t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai post-test pada kelas eksperimen mencapai 70, sementara kelas kontrol hanya memperoleh rata-rata 53,73. Ini membuktikan bahwa penggunaan video tutorial memberikan dampak positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Uji normalitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal (nilai signifikansi > 0,05), uji homogenitas menunjukkan varians data homogen (sig > 0,05), dan hasil independent t-test sebesar 21,108 dengan nilai sig (2-tailed) = 0,00 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis video tutorial pada mata pelajaran Teknik Pengelasan SMAW Posisi 1F secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa Fase F/XI di SMK Negeri 5 Padang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...