JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengaruh Kinerja Guru Bersertifikasi terhadap Peningkatan Kualitas Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar

Nurdin, Nurdin (Unknown)
Winanda, Nelsya (Unknown)
M, Giyas Faura. (Unknown)
S, Putri Naubhi. (Unknown)
Palit, Sylva A. (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2025

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh kinerja guru bersertifikasi terhadap peningkatan kualitas pembelajaran siswa sekolah dasar melalui pendekatan kajian pustaka. Dalam konteks pendidikan dasar di Indonesia, sertifikasi guru telah menjadi program strategis pemerintah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan sistematis terhadap enam artikel jurnal nasional yang relevan, dipublikasikan antara tahun 2018 hingga 2024. Hasil kajian menunjukkan bahwa sertifikasi guru secara signifikan meningkatkan kompetensi pedagogik, profesionalisme, dan motivasi kerja guru yang berimplikasi langsung pada peningkatan mutu proses dan hasil belajar siswa. Namun, efektivitas program ini sangat bergantung pada komitmen pribadi guru dan dukungan institusional dari sekolah. Artikel ini memberikan landasan konseptual dan praktis bagi pemangku kepentingan pendidikan dalam mengoptimalkan dampak kebijakan sertifikasi guru.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...